Bab Pendahuluan Tata Busana 1


Kata ”busana” diambil dari bahasa Sansekerta ”bhusana”. Namun
dalam bahasa Indonesia terjadi penggeseran arti ”busana” menjadi
”padanan pakaian”. Meskipun demikian pengertian busana dan pakaian
merupakan dua hal yang berbeda. Busana merupakan segala sesuatu
yang kita pakai mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Busana ini
mencakup busana pokok, pelengkap (milineris dan aksesories) dan tata
riasnya. Sedangkan pakaian merupakan bagian dari busana yang
tergolong pada busana pokok. Jadi pakaian merupakan busana pokok
yang digunakan untuk menutupi bagian-bagian tubuh.

Busana yang dipakai dapat mencerminkan kepribadian dan status
sosial sipemakai. Selain itu busana yang dipakai juga dapat
menyampaikan pesan atau image kepada orang yang melihat. Untuk itu
dalam berbusana banyak hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan
sehingga diperoleh busana yang serasi, indah dan menarik.

Ilmu tata busana adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana
cara memilih, mengatur dan memperbaiki, dalam hal ini adalah busana
sehingga diperoleh busana yang lebih serasi dan indah. Seiring dengan
pengertian  tata busana di atas, dalam buku ini akan dibahas secara rinci
ilmu yang menyangkut tata busana terutama yang tercantum pada
standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang keahlian Tata Busana
untuk SMK. Diharapkan pengetahuan ini dapat membantu siswa maupun
semua pihak yang terlibat pada bidang busana untuk lebih memahami
ilmu busana secara umum.

Mengenai  tata busana dibahas tentang asal usul busana,
pengertian busana, fungsi busana, pengelompokan busana
serta pemilihan busana. Semua ini tidak termasuk kepada tuntutan
kompetensi tetapi sangat diperlukan sebagai pengantar sebelum
membahas tentang tata busana yang diharapkan berdasarkan standar
kompetensi dan kompetensi dasar. dalam buku ini disebar pada
beberapa bab yang komprehensif dan diharapkan mudah dipahami.
Pelayanan prima (customer care), membicarakan tentang
pengertian pelayanan prima, jenis-jenis pelayanan, karakter pelanggan,
jenis-jenis kebutuhan pelanggan dan penanganan kebutuhan pelanggan.
Selain itu juga dibahas tentang melakukan komunikasi ditempat kerja,
memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan eksternal, standar
persentasi personal, melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang
beragam yang meliputi komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari
latar belakang yang berbeda dan menangani kesalahpahaman antar
budaya. 

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kesehatan, keselamatan
dan keamanan kerja (K3). Ini penting sekali diperhatikan pada saat
bekerja terutama pekerjaan yang beresiko baik terhadap diri sendiri,
tempat kerja maupun produk yang dikerjakan. K3 yang dibahas
mencakup dasar-dasar K3, standar operasional prosedur K3, hukum dan
prosedur K3 serta menangani situasi darurat. Hukum K3 yang berlaku
secara international, prosedur K3 ditempat kerja (custum made), Jenisjenis
kecelakaan kerja, menerapkan praktek kesehatan dan keselaman
kerja serta merapikan area dan tempat kerja.

Pengetahuan alat jahit dan pemeliharaannya menyiapkan tempat
kerja dan alat menjahit dengan tangan. Menyelesaikan busana dengan
teknik jahit tangan, serta merapikan area dan tempat kerja. Bab V adalah
teknik menjahit busana membahas tentang teknik dasar menjahit,
kampuh dasar, teknik menjahit bagian-bagian busana, belahan busana,
menyiapkan tempat dan alat press, mengerjakan pengepresan dan
menerapkan praktek K3 dalam mengepres.
Pemilihan dan pemeliharaan bahan tekstil membahas tentang
klasifikasi serat tekstil, pemeliharaan bahan tekstil, bahan utama busana,
bahan pelapis dan bahan pelengkap serta pemeliharaan busana. Desain
busana mencakup pengertian desain, jenis-jenis desain, unsur-unsur
desain, prinsip-prinsip desain, penerapan unsur dan prinsip desain pada
busana, alat dan bahan untuk mendesain, anatomi tubuh untuk desain,
menggambar bagian-bagian busana, serta pewarnaan dan penyelesaian
gambar.

Membuat pola busana mencakup pengertian pola busana, konsep
dasar membuat  pola busana, membuat pola busana dengan teknik
draping, membuat pola busana dengan teknik konstruksi, membuat pola
busana dengan teknik konstruksi di atas kain dan menggambar pola
dengan teknik kombinasi.

Dalam buku ini juga dibahas beberapa teknik pecah pola busana
sesuai dengan desain, terdiri dari konsep dasar pecah pola busana,
pecah pola rok sesuai desain, pecah pola blus sesuai desain dan pecah
pola celana sesuai dengan desain. Bab IX Memotong bahan, menjahit
dan penyelesaian (cutting, sewing, finishing) membahas tentang tempat
kerja, menyiapkan bahan, meletakkan pola diatas bahan, memotong
bahan sesuai pola pakaian, serta mengemas pola dan potongan bahan
bagian-bagian busana (bundeling).

Membuat hiasan pada busana membahas tentang  tempat kerja
dan alat, konsep dasar menghias busana, membuat desain hiasan untuk
busana, memindahkan desain hiasan pada kain atau busana, membuat
hiasan pada kain atau busana, menyimpan busana atau kain yang telah
dihias serta merapikan area dan alat kerja.

Materi yang diuraikan di atas, terkelompok pada standar
kompetensi yang terdiri dari standar kompetensi kejuruan dan
kompetensi kejuruan yang tersebar kepada beberapa kompetensi dasar.
Agar dapat mengikuti perkembangan zaman terutama perkembangan
IPTEKS diharapkan siswa selalu mengupdate ilmunya dengan
perkembangan yang ada dilingkungannya sehingga kompetensi yang
diperoleh, baik kognitif, afektif maupun psikomotor sesuai dengan yang
dibutuhkan stakeholders atau pengguna.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang pengetahuan
dasar tata busana yang meliputi asal-usul busana, pengertian busana,
fungsi busana, pengelompokan busana dan pemilihan busana.


Artikel Terkait :
1 artikel jual ebook tata busana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar