Pecah Pola Busana

Buku tata busana jilid 3 pada bab VIII membahas mengenai pecah pola busana sesuai desain. Bab tersebut membahas konsep dasar pecah pola busana wanita.

Pakaian wanita hendaklah dapat menonjolkan sisi feminim dari wanita dan dapat menonjolkan kelebihan yang dimilikinya sehingga dalam berpenampilan terlihat cantik, rapi, dan menarik. Diperlukan pecah pola yang benar sesuai dengan desain dan bentuk tubuh, maka terlebih dahulu perlu dilakukan analisa bentuk tubuh dan analisa desain.



Bentuk tubuh wanita secara umum ada 5 macam yaitu ideal, kurus tinggi, gemuk tinggi, kurus pendek dan gemuk pendek. Analisa bentuk tubuh dapat menyesuaikan pola dengan bentuk tubuh si pemakai, sehingga kekurangan bentuk tubuh dapat tertutupi dengan teknik pengembangan pola yang tepat. Misalnya untuk bentuk tubuh yang temuk, hendaklah hindari pakaian yang mengembang atau yang berkerut banyak seperti rok kerut atau rok kembang dan model lengan balon atau lonceng. Jika menggunakan lengan balon atau lengan yang lebar pada ujung lengan hendaklah pengembangannya disesuaikan dengan bentuk tubuh gemuk tersebut artinya pengembangannya tidak terlalu lebar.

Artikel Terkait

artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar