Kursus Menjahitku Yang Pertama

Akhirnya ada juga kesempatanku untuk kursus menjahit, sabtu kemarin sepulang kerja aku berangkat ke tempat kursusku,  ternyata sesampainya disana sudah banyak peserta kursus lainnya, ada 3 orang wanita dan 1 orang pria, ada mba Tatiana vidi dan asistennya mba Lucky serta 1 orang pembantu yang selalu siap membantu kami, dan membersihkan workshop tempat kami kursus.


Hal pertama yang ku lakukan adalah menjelaskan  bahwa aku sebagai pemula ingin belajar menjahit, lalu diberikan beberapa pilihan untuk ku jahit, maka proyek pertamaku adalah membuat baju anak ukuran anak 3 tahun. Ku pilih bahan dan model jahitannya. Selanjutnya, aku diberikan modul belajarnya dan di jelaskan sedikit mengenai pola baju yang akan aku buat. Setelah itu langsung praktek, gunting bahan yang telah dipilih dan mulai menjahit. Sayangnya kemarin tidak sempat mengabadikan step by step bikin bajunya, but next Insyaalloh coba diusahakan ada.

Pertama lihat mesin jahit hitam jadul rasanya agak takut juga, takut ga bisa menjahit, tapi diberanikan diri ini dan alhamdulillah bisa juga, mesin jahit yang jadul ini lebih cepat dan ngebut jahitnya daripada mesin jahit portable yang modern ini



Disana ada 5 mesin jahit jadul dan 3 mesin jahit portable, ada yang merk singer, brother, janome 125A. butterfly. Kami bisa leluasa menggunakan mesin jahit yang manapun, tak ada peserta yang hanya menggunakan satu mesin jahit saja, jadi bisa mencoba mesin jahit yang manapun. Terasa banget  suasana kekeluargaannya  walaupun kami tidak saling mengenal tapi saling menyemangati satu sama lain, karena sama-sama pemula, ada adik kakak, ada ibu rumah tangga, dan ada pasangan suami istri yang begitu semangat dalam kursus itu. Ternyata menjahit itu menyenangkan meskipun awalnya tidak begitu yakin dengan kemampuan sendiri, tapi cukuplah untuk menghilangkan kejenuhan bekerja seharian. Sewing is fun, i luv it. Ga nyangka banget deh pokoknya, hari senin besok rencana mau kursus lagi disana, semoga bisa lebih menyenangkan.

Aku mulai kursus sekitar pukul 14.00 dan selesai sekitar pukul 17.45 lumayan lama tapi terasa waktu berjalan, karena asyiknya menjahit. Alhamdulillah jadi juga baju pertamaku, meskipun banyak dibantu oleh guru kursusku tapi paling tidak aku banyak tahu dan diberi tips-tips yang bermanfaat. Tips yang aku dapat adalah:

  • Menyiapkan bahan-bahan sebelum menjahit yaitu; penggaris siku, penggaris transparan, pensil warna untuk kain, meteran, kertas untuk pola, bahan yang akan di jahit, gunting, jarum pentul.
  • sebaiknya membuat pola pada kain kerah agar pola tidak cepat rusak dan dapat digunakan kembali
  • memotong kain jangan terlalu di angkat kainnya dari meja agar tidak bergeser dari pola yang telah ditentukan
  • Membuat kerutan pada kain dengan cara menarik salah satu benang pada jahitan dasar secara perlahan hingga mendapat pola kerut yang diinginkan, lalu rapikan.
  • Menjahit karet untuk lengan agar berkerut, gunakan karet setengah dari panjang bahan lengan, lalu tarik karetnya dan jahit perlahan dengan mesin jahitnya, jangan sampai bergeser dari karetnya.
Step by step menjahit baju anak:
- Buat pola sesuai model yang diinginkan
- Pilih bahan utama dan bahan kombinasinya
- Gunting pola; Pola depan, Pola belakang, Pola Lengan, Pola Leher, Biz ban untuk pinggang
- Jahit pola depan dan pola belakang, 
- Jahit pundak untuk menyatukan pola 
- Jahit Retsleting pada pola belakang
- Jahit Lengan dan sambung
- Membuat kerah dari bahan kerah, satukan kain kerah dengan bahan kombinasi dengan cara di setrika hingga kaku dan bahan kerah menempel, gunting bahan lalu jahit sekelilingnya
- pasang kerah pada baju
-jahit bisban pada pinggang bagian depan baju dengan cara menentukan titik tengah baju lalu menandainya pada bisban yang siap dipasang, tekuk dua bagian bisban lalu jahit dari tengah dengan menggunakan tangan agar lebih rapi dan tak terlihat jahitannya. 



Hmmm sebagai pemula its not bad, lumayanlah, meskipun sedikit kerepotan  juga jika disuruh mengulang pelajaran yang kemarin, hihihihi


Artikel Terkait

artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar